Kamis, 12 Januari 2017

Soal Uas Dr. H. Enas,. MM ( Inovasi Pendidikan )



UJIAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
Mata Kuliah
:
Inovasi Pendidikan
Dosen
:
Dr. H. Enas, MM
Sifat Ujian
:
Take Home
Hari / Tanggal
:
Jum’at,  20 Januari 2017
Waktu
:
120 menit
Kelas
:
ASP B, POR, APD


Petunjuk :
1.    Dikumpulkan dalam bentuk cetakan (Print out) di kantor Program Pscasarjana paling lambat tanggal 20 Januari 2017 (Disesuaikan dengan Jadwal UAS), pukul 13.00 wib.
2.    Paper yang dikumpulkan tidak tepat waktu tidak akan mendapatkan penilaian (diskualifikasi).
3.    Paper yang terbukti plagiat (copy paste dari tugas teman atau dari referensi lain tanpa mencantumkan sumbernya) juga tidak akan mendapatkan penilaian(diskualifikasi)
4.    Sifat UAS take-home

Soal:
1.   Berbagai macam model inovasi  pendidikan yang dapat diterapkan dalam pendidikan:
a.    Model inovasi apa yang paling tepat jika saudara ingin melaksanakannya di sekolah
b.    Mengapa dikatakan tepat atau baik, berikan alasan
c.    Buat petunjuk yang saudara anggap baik untuk  menerapkannya
2. a. Apa ciri-ciri inovasi dan apa yang diharapkan dari adanya suatu perubahan dalam inovasi  pendidikan ?
     b. sebtukan dan jelaskan apa saja tahap perubahan prilaku baik secara indivudi maupun berencana dalam suatu inovasi pendidikan ?
2. Mengapa penerapan inovasi dalam suatu sekolah sering mengalami kegagalan? Berikan alasannya dan berikan suatu kasus serta bagaimana cara mengatasinya.
3. Berikan suatu contoh, inovasi merupakan bagian dari sistem sosial, jelaskan bahwa pelaksanaannya terdapat critical mass sehingga kondisi suatu inovasi  tidak stabil dan cenderung tidak membuat suatu kemandirian atau sebaliknya suatu keberhasilan, faktor pendukung dan penghambat apa saja yang ada dalam system sosial tersebut
4. Konsekwensi inovasi merupakan perubahan yang terjadi dalam sistem sosial sebagai hasil dari perubahan atau penolakan suatu inovasi. Jelaskan dan berikan contoh yang jelas serta  sebutkan konsekwensnyai baik langsung ataupun tidak langsung
5.  Terdapat empat agen pembaharu dalam suatu inovasi pendidikan di sekolah, coba jelaskan ciri-cirinya dan berikan contoh masing-masing ?


Tidak ada komentar: