Jumat, 13 Januari 2017

Soal Uas Dr.H. Rahmat Hidayat, M.Pd ( Inovasi Pendidikan ) Kelas ASP A



UJIAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
Mata Kuliah
:
Inovasi Pendidikan
Dosen
:
Dr. H. Rahmat Hidayat, M.Pd
Sifat Ujian
:
Take Home
Hari / Tanggal
:
Jumat, 20 Januari 2017
Waktu
:
Dikumpulkan sesuai jadwal UAS
Kelas
:
ASP A

Petunjuk :
Dikumpulkan dalam bentuk cetakan (Print out) di kantor Program Pscasarjana paling lambat tanggal 20 Januari 2017 (Disesuaikan dengan Jadwal UAS), pukul 13.00 wib.
JAWABLAH DAN ATAU TANGGAPI SOAL-SOAL BERIKUT INI DENGAN ARGUMEN PRIBADI DAN DIDUKUNG PENDAPAT AHLI

1.      Inovasi berasal dari kata ”innovation” (bahasa Inggris) sering diterjemahkan segala hal yang baru atau pembaharuan (S. Wojowasito, 1972). Inovasi kadang-kadang juga dipakai untuk menyatakan penemuan, karena hal yang baru itu hasil penemuan.Kata penemuan juga sering digunakan untuk menterjemahkan kata dari bahasa Inggris ”discovery” dan ”invention”. Menurut pendapat sodara berkaitan dengan pentingnya dinamisaisi pendidikan di Indonesia dalam upaya memenuhi kebutuhan dan tuntuntan perkembangan jaman manakah yang tepat penggunaan istilah tersebut (innovation, discovery, atau invention) dan bagaimana hubungannya dengan modernisasi ? Paparkan secara etimologis dan terminologis istilah yang tepat tersebut, didukung dengan pendapat ahli dan argumen sendiri !(Skor maximal 2 )
2.      Dalam proses inovasi pendidikan ada dua istilah yang penting yaitu difusi (baik konvergen maupun divergen) dan diseminasi, Rogers(1983)berpendapat ada 4 elemen pokok difusi inovasi, yaitu: (1) inovasi, (2) komunikasi dengan saluran tertentu, (3) waktu, dan (4) warga masyarakat (anggota sistem sosial). Rogers juga berpendapat bahwa proses inovasi memiliki 2 tahapan pokok yaitu Tahapan Inisiasi (yang teridiri dari tahap agenda setting dan penyesuaian), dan tahapan impelentasi (yang terdiri dari tahap re-devinisi/re-strukturisasi, klarifikasi dan rutinisasi). Berkenaan dengan pendapat Rogers di atas berikan tanggapan sodara tentang :
a.       Pada tahapan inisiasi bagaimana cara memilih saluran komunikasi agar tahap agenda setting dan penyesuaian dapat terlaksana dengan baik ? Gambarkan dengan contoh sesuai dengan bentuk inovasi pendidikan yang akan dilakukan.
b.      Pada tahapan Implementasi bagaimana cara melakukan klarifikasi dan rutiniasi agar inovasi pendidikan yang lakukan berjalan dengan baik ? ? Gambarkan pula dengan contoh sesuai dengan bentuk inovasi pendidikan yang akan dilakukan.(Skor maximal 3 )
3.      Cepat lambatnya penerimaan inovasi oleh masyarakat luas dipengaruhi oleh karakteristik inovasi yang dilakukan diantaranya berkaitan dengan keuntungan relatif,kompatibel(compatibility), kompleksitas(complexity), trialabilitas(trialability) dan dapat diamati (observability). Berikan penjelasan tentang bagaimana cara-cara yang harus dilakukan (pada saat melakukan difusi inovasi ) agar karakteristik inovasi tersebut cepat dipahami oleh masyarakat luas sehingga dengan mudah masyarakat menerima inovasi yang dilakukan !. Dukung pendapat sodara dengan contoh praktis.!(Skor maximal 2 )
4.      Mencermati berbagai bentuk inovasi pendidikan yang telah dilakukan baik yang berkaitan dengan inovasi di bidang kurikulum maupun dibidang pembelajaran, agar sodara mengambil contoh kasus (misal Inovasi Kurikulum Berbasis Kompetensi) kemudian lakukan analisis sederhana berkaitan dengan :
a.       fungsi dari bentuk inovasi,
b.      untuk siapa  inovasi itu di tujukan,
c.       dilakukan untuk membantu menjadi apa, (tujuannya)
d.      hal-hal apa yang harus tercakup dalam inovasi tersebut,
e.       bagaimana cara melakukan inovasi tersebut,
f.       fakta hambatan yang ditemukan dan
g.       usulan kreatif apa yang harus dilakukan agar inovasi pendidikan tersebut berhasil dengan baik. (Skor maximal 3 )


selamat bekerja semoga berhasil

Tidak ada komentar: